Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia Terbaru

Kasus HAM di Indonesia - Belum lama ini publik kembali dibuat panas dengan suara-suara HAM, sebenarnya apa sih HAM itu?, Bagaimana Sejarah Asal Usul HAM?, Perkembangan HAM serta Contoh Kasusu HAm baik di tanah air maupun mancanegara.

Mencuplik sedikit mengenai definisi HAM, atau Apa itu HAM yang sejatinya telah diposting diartikel sebelumnya. HAM merupakan singkatan dari Hak Asasi Manusia yang berarti hak untuk melakukan apapun yang dimiliki oleh seseorang dari mulai dia lahir hingga meninggal.

Menurut sumber HAM Wikipedia, HAM juga diartikan sebagai salah satu dari bagian seseorang dari dia dalam kandungan. Hak tersebut lebih bersifat kekal, tetepa dan tak dapat diganggu gugat oleh siapapun kecuali Takdir Tuhan YME.

Lebih jelasnya HAM merupakan hak setiap manusia tau warga negara untuk menentukan apapun, melakukan hal apapun namun tetap berdasarkan norma dan peraturan yang berlaku, seperti halnya hak untuk hidup, hak untuk menganut agama, hak untuk mendapatkan kehidupan yang layak, hak untuk mendapatkan pekerjaan, hak untuk saling menghormati antar ras, suku, golongan dan agama.

Namun sangat disayangkan, hadirnya HAM yang sejatinya sebagai benteng kini justru disalah gunakan dan semakin banyaknya kasus pelanggaran ham ditanah air.

Apalagi semenjak bergulirnya pemilihan presiden 2014 ini, isu pelanggaran HAM sangat santer terdengar baik pelanggaran masa lalu dan saat ini yang selalu dihubungkan dan dijadikan alat untuk menjegal lawan.

Berikut beberapa contoh kasus pelanggaran HAM di tanah air

Contoh Pelanggaran HAM

Kasus pelanggaran HAM sebenarnya banyak sekali terjadi disekeliling kita bahkan dilingkup keluarga, masyarakat, serta disekolahpun juga turut menjadi sasaran pelanggaran HAM.

Contoh kasus pelanggaran HAM dilingkungan keluarga

  • Orang tua yang memaksakan keinginannya kepada anaknya (tentang masuk sekolah, memilih pekerjaan, dipaksa untuk bekerja, memilih jodoh).
  • Orang tua menyiksa/menganiaya/membunuh anaknya sendiri.
  • Anak melawan/menganiaya/membunuh saudaranya atau orang tuanya sendiri.
  • Majikan dan atau anggota keluarga memperlakukan pembantunya sewenang-wenang dirumah.

Contoh kasus pelanggaran HAM di sekolah

  • Guru membeda-bedakan siswanya di sekolah (berdasarkan kepintaran, kekayaan, atau perilakunya).
  • Guru memberikan sanksi atau hukuman kepada siswanya secara fisik (dijewer, dicubit, ditendang, disetrap di depan kelas atau dijemur di tengah lapangan).
  • Siswa mengejek/menghina siswa yang lain.
  • Siswa memalak atau menganiaya siswa yang lain.
  • Siswa melakukan tawuran pelajar dengan teman sekolahnya ataupun dengan siswa dari sekolah yang lain.
Contoh kasus pelanggaran HAM di masyarakat
  • Pertikaian antarkelompok/antargeng, atau antarsuku(konflik sosial).
  • Perbuatan main hakim sendiri terhadap seorang pencuri atau anggota masyarakat yang tertangkap basah melakukan perbuatan asusila.
  • Merusak sarana/fasilitas umum karena kecewa atau tidak puas dengan kebijakan yang ada.
Nah itu tadi beberapa contoh kasus HAM yang sering kita alami, maupun kita temui. Diluar sana masih banyak sebenarnya pelanggaran HAM lainnya yang jauh lebih besar, untuk itu tetap stay di blog ini karena update selanjutnya akan membahas lebih dalam mengenai topik ini.