Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium

Jenis Ikan Hias Air Tawar - Negara Indonesia terkenal akan luasnya perairan dibanding dengan daratan bahkan sebanyak 400 jenis ikan hias air tawar berada di perairan kita,  tetapi yang banyak di minati masyarakat lokal maupun luar negeri hanya sekitar 90 spesies.
 
Komoditi Ikan hias di indonesia akhir akhir ini semakin ramai, bukan hanya kalangan dari orang yang beruang (maksut saya orang kelas atas he he he) tapi juga hampir semua kalangan.
 
Ikan Hias Air Tawar juga banyak di minati kalangan kelas bawah karena harga dan biaya pemeliharaanya relatif murah dan mudah, bahkan kini hobi ikan sudah mulai merebak ke seluruh lapisan masyarakat baik tua maupun muda.
 
Tidak hanya sebagai hiasan, ikan hias juga mampu membantu perekonomian dan peluang bisnis yang menjajikan, karena tingkat permintaan pasar semakin tinggi. tidak hanya pasar lokal pasar ekspor pun mempunya banyak peminat.

Ikan hias air tawar juga mudah di budidayakan, tak banyak memakan modal dan tempat kusus karena cukup dengan kolam sederhana dan air yang seterilpun mampu membudidayakan ikan jenis ini, lebih mudah dan cepat dibandingkan budidaya ikan konsumsi.

Ikan Hias Aquarium tidak hanya memiliki nilai keindahan, tetapi  juga mimiki nilai magis menurut beberapa orang, kususnya buat kalangan keturunan china.
 
Orang tionghua memiliki minat yang sangat tinggi terhadap ikan hias kususnya jenis ikan hias koi, karena ikan hias jenis ini memiliki nilai magis menurut kalangan mereka.
Dibawah ini adalah jenis jenis komoditi ikan hias air tawar yang memiliki nilai rupiah yang sangat tinggi.

Jenis Ikan Hias Air Tawar


Ikan Arwana

Ikan Arwana atau Scleropages sp. merupakan salah satu ikan endemik Indonesia. Arwana dikenal memiliki banyak julukan,  seperti ikan naga, ikan payang, siluk, silok, kalikasa, kalasa dan khayangan. Ikan ini termasuk dalm golongan ikan purba yang ukuran telurnya sebesar telur burung puyuh. Ikan arwana mempunyai tubuh yang besar dengan sisik besar yang memikat. Beberapa jenis arwana memiliki harga yang sangat tinggi, kabarnya Ikan Arwana jenis Super Red Albino terjual dengan harga Rp. 1 Milyar pada Indonesia Pets Plants Aquatic Expo (IPPAE) tahun 2010.
 

Ikan Koi

Ikan koi yang bernama latin Cyprinus carpio L dipopulerkan pertama kali di Negeri Sakura Jepang. Sekitar tahun 1820-an para penangkar ikan di sana berhasil menyilangkan beberapa strain ikan mas menjadi ikan yang memiliki kombinasi warna merah dan putih yang indah. Ikan hasil persilangan ini dikenal dengan nama koi. Ikan koi merupakan ikan hias air tawar yang cocok dipelihara di kolam bukan akuarium. Daya tarik ikan koi terdapat pada warna-warni yang indah bila dilihat dari atas, selain itu, ikan koi juga memerlukan ruang gerak yang luas.

Nah dari berbagai jenis ikan hias aquarium diatas, manakah yang membuat anda tertarik? jelas semuanya memiliki keindahan yang amat unik ya, dan tentunya lagi masih banyak lagi ikan yang dapat dijadikan peliharaan untuk menghiasi akuarium dirumah, tetapi itulah ikan-ikan hias yang paling banyak diminati dikalangan masyarakat pecinta ikan.